Membahas seluk beluk kehidupan pelajar indonesia

Selasa, 28 Maret 2017

Tips dan Trik Memilih Jurusan Bagi Para Calon Mahasiswa



Zona Pelajar Indonesia|Sudah mau lulus sma dan ingin  melanjutkan kuliah, masih bingung untuk memilih jurusan yang tepat ? Tentunya segala sesuatu yang kita tuju harus dengan perencanaan yang sempurna salah satunya memilih jurusan di universitas yang kita tuju. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion kita..
Memilih jurusan tidaklah sulit asalkan kita sudah mengetahui dimana bidang yang minati dan kita mampu untuk menjalaninya, karna pastilah akan berndampak fatal jika kita salah memilih jurusan di universitas yang kita tuju, dampak yang akan kita rasakan salah satunya adalah tidak betah di jurusan tersebut dan untuk mengatasi itu blog inspirasi mahasiswa akan memberikan tips dan trick agar terhindar dari kesalahan memilih jurusan. 
Dalam memilih jurusan yang akan kita geluti tentu saja harus sama dengan bidang yang kita minati, sebab jika kita belajar di dalam suatu pelajaran atau jurusan dengan senang hati dan tidak terbebani maka kita akan mencapainya dengan kesenangan dan kesuksesan, sebaliknya jika kita belajar dengan tidak senang hati dan terbebani dalam menjalaninya maka semua itu akan sia-sia. maka dari itu memilih jurusan sesuai dengan bidang yang kita minati sangatlah penting.

SESUAIKAN JURUSAN YANG KITA PILIH DENGAN BIDANG YANG KITA MINATI
Dalam memilih jurusan yang akan kita geluti tentu saja harus sama dengan bidang yang kita minati. sebab jika kita belajar di dalam suatu pelajaran atau jurusan dengan senang hati dan tidak terbebani maka kita akan mencapainya dengan kesenangan dan kesuksesan, sebaliknya jika kita belajar dengan tidak senang hati dan terbebani dalam menjalaninya maka semua itu akan sia-sia. maka dari itu memilih jurusan sesuai dengan bidang yang kita minati sangatlah penting. agar kedepan saat kita menggekuti satu bidang studi yang kita pilih tidak ada beban yang kita rasakan.

CARI INFORMASI TENTANG JURUSAN YANG KITA MINATI
Sebelum memilih jurusan kita harus mencari informasi dari masing-masing jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita minatim kumpulkan informasi yang kita dapat dari website,koran,majalah dll. apalagi di jaman yang serba digital ini banyak sekali informasi yang di sajikan oleh google atau bloger yang mungkin lebih tau tentang jurusan yang kamu minati. terlebih banyak para bloger yang berbagi cerita tentang jurusan-jurusan yang ada. semakin banyak informasi yang kita dapat maka semakin banyak kita mengenal jurusan yang terbaik.

FIKIRKAN DAMPAK PADA DIRI KITA JIKA MEMILIH JURUSAN TERSEBUT
Jika kita sudah mendapatkan jurusan yang kita rasa sudah pas dengan passion kita dan sudah banyak mendapatkan informasi tentang jurusan tersebut langkah selanjutnya adalah berfikir. fikirkan dan renungkan apakah jurusan yang kita pilih adalah yang terbaik untuk kita dan dampak apa yang kita dapat dari jurusan tersebut lalu fokuslah pada satu program studi yang kita pilih jika sudah menjalaninya janganlah pernah berfikir bahwa kita salah memilih jurusan. Motivasi diri sendiri dan berfikir positif bahwa apa yang kita pilih adalah yang terbaik. Meminta jawaban dan kekuatan kepada yang maha kuasa terus berdoa dan beribadah dengan tekun agar semua berjalan dengan lancar dan sukses.

MEMINTA SARAN KEPADA ORANG TERDEKAT KITA
Selalu meminta dan menerima saran dari orang-orang yang ada di sekitar kita entah itu ayah,ibu,keluarga,guru, teman dan semua yang kita anggap bisa kita tanyakan saran yang terbaik. Sebab saran atau masukan dari orang lain sangatlah penting untuk lebih meyakinkan apa yang akan kita jalani terutama saran dari orang tua yang harus kita prioritaskan, segala sesuatu harus dari ridhonya orang tua karna ridho orang tua adalah ridhonya yang maha kuasa.    

TANYAKAN PENGALAMAN BELAJAR DI JURUSAN TERSEBUT KEPADA SENIOR
Yang harus kita lakukan jika kita sudah yakin terhadap jurusan yang kita pilih adalah bertanya kepada senior yang sejurusan dengan kita agar ketika kita sudah mulai belajar di jurusan tersebut tidak kaget dengan apa yang kita pelajari di jurusan tersebut. Sebab banyak sekali mahasiswa baru yang kurang berkomunikasi dan bertanya kepada senior merasakan dampaknya seperti tidak betah dengan pelajaranya,terbebani ketika belajar dan tidak tahu apa yang di pelajari. maka dari itu bertanya kepada senior kita agar semakin banyak informasi dan cerita yang kita dapat dari orang yang lebih berpengalaman di dalam jurusan tersebut.

Nahh, itulah beberapa tips dan trik dalam memilih jurusan yang kita pilih banyhak sekali perjuangan yang harus kita hadapi dalam memilih jurusan dan untuk masuk ke universitas unggulan yang kita impikan. sebab proseslah yang akan menentukan hasil. jika kita bersungguh sungguh berjuang dalam berproses maka hasil yang kita dapatkan akan memuaskan. teruslah berdoa dan berikhtiar dalam mengejar tujuan dan cita-cita yang kita impikan.
 Sekian apa yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini. insyaallah akan bermanfaat bagi para calon mahasiswa baru yang akan masuk universitas unggulan atau berkualitas, dan artikel ini saya tulis sesuai dengan apa yang saya alami ketika memilih jurusan di universitas islam negri jakarta. teruslah semangat dan berjuang ..

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. :) 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pelajar Indonesia

Cari Blog Ini

Rizky. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog